PEMANFAATAN SUMBERDAYA LOKAL BIOCHAR SEKAM PADI DAN BIOMASA TUMBUHAN LIAR CROMOLAENA ODORATA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PADI (Oryza sativa L.)

Agusalim Masulili

Sari


Tanah sulfat masam memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi lahan produktif untuk pengembangan budidaya tanaman padi dengan input teknologi berbasis sumberdaya lokal. Dalam hubungan ini, penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah padi dan biomasa tumbuhan liar Chromolaena odorata L. terhadap pertumbuhan padi di tanah sulfat masam Sungai kakap Kalimantan Barat.

Penelitian dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian Unversitas Panca Bhakti Pontianak, selama 3 bulan.  Hasil penelitan menunjukkan pemberian berbagai perlakuan limbah padi dan biomasa tumbuhan liar Chromolaena odorata baik tunggal maupun yang dikombinasikan, berpengaruh terhadap pertumbuhan padi.  Hasil pertumbuhan terbaik diperoleh pada pemberian kombinasi Chromolaena odorata 10 t ha-1 + limbah sekam padi yang diolah menjadi biochar 5 t ha-1 dengan hasil; tinggi tanaman 88.83 cm, jumlah anakan 19.00, jumlah anakan produktif 12.00, bobot kering 94.23 g, dan volume akar 121.67 cm3.

 

 

 

Kata kunci : biochar sekam padi, biomasa tumbuhan Chromolaena

                    odorata, pertumbuhan padi, tanah sulfat masam


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.